Pages

Senin, 20 Desember 2010

modul materi word

MODUL III
PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Microsoft Word 2
Pokok Bahasan :
. Menu Editing
. Insert (pages, tables, ilustrations, links, header & footer)
. Table of Content


1. Menggunakan fasilitas Menu Editing


Menu editing terdiri dari 3 sub menu yaitu Find, Replace dan Select.
a. Sub Menu Find
Digunakan untuk menemukan karakter yang kita inginkan di dalam dokumen word
yang kita buka tersebut.
Cara mengaksesnya yaitu : Home > Editing > Find atau dapat pula menggunakan
shortcut (Ctrl+F).

Sebagai contoh kita ingin menemukan kata “kata” dalam sebuah dokumen, kita
tinggal mengetikkan kata yang kita cari itu di dalam text field “find what” kemudian
tekan enter atau klik find next.
Jika word telah menemukan kata yang mirip dengan kata yang kita cari maka
pencarian akan berhenti. Kita dapat melakukan pencarian kembali dengan melakukan
enter atau klik lagi di tombol find next.

 Jika karakter yang kita cari tidak terdapat di dokumen, maka akan muncul peringatan :


b. Sub Menu Replace
Sub menu ini dapat memudahkan kita jika ingin melakukan penggantian kata atau
karakter terutama jika kata atau karakter itu banyak dan tersebar di dokumen. Kita
tidak perlu mencari satu persatu dan menggantinya sehingga akan mempercepat
pekerjaan kita.
Langkahnya adalah :
. Home > Editing > Replace atau jika dengan shortcut (Ctrl+R)
. Isikan kata yang ingin kita ganti di text box “find what”
. Isikan kata penggantinya di text box “Replace with”
. Klik replace untuk mengganti satu per satu atau replace all untuk mengganti
semua kata yang sesuai dengan pencarian kita.
. Find next digunakan untuk melewati kata yang dihighlight.


c. Select
Sub menu select digunakan untuk menyeleksi bagian dokumen.
. Home > Editing > Select > Select All : untuk menyeleksi semua isi dokumen.
. Home > Editing > Select > Select Text With Similiar Formatting untuk
menyeleksi teks yang memiliki kesamaan format.


2. Menggunakan fasilitas Menu Insert

Microsoft Word 2007 memanjakan penggunanya dengan memberikan kemudahan
inserting beberapa karakter, gambar, cover dll. di mana tombolnya tergabung dalam
menu insert.

a. Pages
Dalam menu pages terdapat tiga sub menu yaitu cover page, blank page dan page
break.

. Pada sub menu cover page kita dapat memasukkan sampul depan untuk
dokumen yang sedang kita buat. Kemudian kita dapat mengedit judul dan
menambah karakter lainnya disesuaikan dengan isi dokemen yang kita
buat.
Langkahnya : Insert > Pages > Cover Pages > Pilih salah satu cover yang
telah disediakan ms. Word > edit judul dan lengkapi karakter sesuai
dengan kebutuhan.


. Sub menu blank page digunaka apabila kita ingin menambah halaman
kosong baru di bawah halaman tempat kursor kita berada saat ini.
Langkahnya : Atur letak kursor > Insert > Pages > Blank Page


. Sub menu page break digunakan apabila kita ingin semua tulisan yang
berada di bawah posisi kursor kita saat ini menjadi halaman baru di bawah
halaman tempat kursor kita berada saat ini.
Langkah : Atur letak kursor > Insert > Pages > Page Break


b. Table
Dengan fasilitas table ini kita dapat membuat tabel dengan jumlah baris dan
kolom sesuai dengan keinginan kita.


. Langkah : Insert > Table > seleksi kotak sesuai kebutuhan > klik
. Jika kotak tersebut kurang kita dapat memasukkan secara manual jumlah
baris dan kolon yang ingin dibuat : Insert > Table > Insert Table > Isi
number of column > Isi number of rows > OK
. Selain itu dapat pula kita menggambar sendiri tabel yang hendak kita buat
: Insert > Table > Draw Table > gambar sesuai kebutuhan
. Alternatif lain adalah kita menggunakan tabel dengan format yang telah
disediakan ms. Word :

Insert > Table > quick table > klik format yang dipilih > edit sesuai
kebutuhan.


c. Ilustration
. Picture digunakan untuk memasukkan gambar pada dokumen. (cara lain
dapat dengan copy & paste).
Langkah : Insert > Ilustration > Picture > cari file gambar yang akan
diinsert > Insert


Setelah melakukan insert, kita dapar mengubah tampilan gambar sesuai dengan selera kita.
Langkah : Klik gambar > Picture Tools > Format > pilih menu yang sesuai.


. Shapes
Sub menu ini digunakan untuk memasukkan pola-pola yang kita inginkan
atau perlukan seperti persegi, bintang, garis, text box dll.
Langkah : Insert > Ilustration > Shapes > klik pola yang dikehendaki >
sesuaikan.
Jika kita ingin mengubah tampilannya agar sesuai dengan selera kita :
Klik pola tadi > drawing tool > format > sesuaikan dengan selera kita 


. Smart Art
Digunakan ketika kita ingin membuat diagram.

Langkah : Insert > Ilustration > Smart Art > pilih diagram yang sesuai >
ok .
Sebagai catatan, kita dapat membuat diagram secara manual, satu persatu
dengan menggunakan fasilitas shapes di atas.


. Chart
Jika kita ingin membuat chart, baik berbentuk batang, garis, lingkaran dll.
kita dapat menggunakan fasilitas chart ini.
Langkah : Insert > Ilustration > chart > pilih modelnya > ok > sesuaikan


d. Hiperlink
Digunakan untuk membuat link baik ke dokumen lain maupun ke suatu alamat url
tertentu.
Langkah : Highlight karakter yang ingin dibuat linknya > Insert > Links >
Hyperlink > Tentukan Link.

Selain itu dapat pula dengan : klik kanan karakter yang hightlight > Hyperlink >
tentukan linknya.


e. Header & Footer

Berguna untuk menambahkan keterangan tambahan bagi dokumen yang terletak
di bagian atas (header) dan atau di bagian bawah (footer) dokumen.
. Untuk header langkahnya : Insert > Header & Footer > Header > Klik
format yang disukai > sesuaikan isinya.



. Footer selain digunakan untuk menambahkan keterangan tambahan berupa
teks, dapat pula digunakan untuk menambahkan keterangan tambahan
berupa halaman.Langkahnya : Insert > Header & Footer > Footer > Klik
format yang disukai > sesuaikan isinya.


. Selain menggunakan footer untuk membuat nomor halaman, kita dapat
membuat sekaligus melakukan pengaturan nomor halaman melalui :

Insert > Header & Footer > Page Number

 Top of page : bila kita ingin meletakkan nomor halaman di bagian
atas dokumen.
Bottom of Page : bila kita ingin meletakkan nomor halaman di bagian
bawah dokumen.
Format Page Number : Bila kita ingin melakukan pengaturan, misalnya
nomor mulainya halaman.

3. Table of Content
Kita dapat membuat daftar isi dengan cepat dengan memanfaatkan fasilitas yang
terdapat pada ribbon References. Semua dapat dilakukan dengan otomatis dengan
mengklik menu-menu yang ada.Secara garis besar langkah-langkah nya sebagai
berikut :
. Beri tanda pada teks atau tulisan yang akan kita masukkan pada daftar isi,
yaitu dengan Blok teks tersebut > References > Table of contents > Add
Text > pilih level

Sebagai contoh dalam modul ini “no 1. Menggunakan fasilitas menu
editing” diberi tanda level 1.
Sedangkan “a. Sub Menu Find”, “b. Sub Menu Replace” dan “c. Sub
Menu Select” diberi tanda level 2.
Begitu seterusnya untuk no 2, dan 3.


. Langkah berikutnya adalah : posisikan kursor pada tempat di mana table of
content akan dibuat (biasanya di halaman depan sebelum judul) >
references > Table of Contents > klik format yang disukai.

Maka secara otomatis table of Contents akan dibuat oleh MS. Word.


Latihan
1. Siapkan folder yang sudah diberi nama (NAMA[NIM])
2. Kerjakan tugas pada file yang telah disiapkan pada pertemuan sebelumnya (memiliki
password)


3. Lakukan latihan menggunakan fungsi page and replace berkali-kali sehingga
mahasiswa mampu menggunakannya dengan baik
4. Lengkapi artikel sebelumnya (yang telah dibuat) dengan apa yang telah disebutkan
pada modul Word II (pages, header, footer, table, chart, smart art, image, cover, table
of content dll)
5. Hasil test bisa dinilai langsung ataupun dikirim melalui email

0 komentar:

Posting Komentar